RAMUAN HERBAL






Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang-kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.


Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan. Obat Herbal harus berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, ginseng dan lain-lain. Jika suatu obat telah mengandung unsur hewani maka ia tidak dapat disebut sebagai herbal lagi, melainkan masuk dalam katagori obat tradisional/jamu yang masih dapat bercampur dengan bahan-bahan yang berasal dari hewan seperti telur atau tripang.

Di Indonesia yang kekayaan hayatinya berlimpah ruah, obat-obatan herbal tidaklah sulit dicari. Walaupun umumnya obat berbahan dasar herbal tidak menimbulkan efek samping negatif, tetapi ada beberapa bahan yang menimbulkan efek samping negatif. Pengobatan herbal lebih dipercaya oleh kebanyakan orang Indonesia karena penggunaan obat kimia sintetis, lambat laun dapat menimbulkan efek samping pada tubuh manusia.

(Sumber : Wikipedia)


Hai semua,
Assalamuallaikum, saya di sini akan membagikan beberapa tips untuk pengobatan alami, yang bersifat herbal.
Sebelum kita melanjutkan hal ini, saya ingin memberi tahu terlebih dahulu tentang herbal, gunanya untuk memberi tahu bagi yang belum tahu, dan mengingatkan yang sudah tahu. Heheheee.

Herbal, dalam KBBI di sebutkan bahwa, hal-hal yang bersifat herba. Nah, herba itu sendiri apa artinya? Herba adalah, tumbuh-tumbuhan yang bunga, daun, akarnya dapat digunakan untuk bumbu makanan, obat-obatan, dan parfum.

Pengobatan herbal biasanya meliputi jahe, kunyit, merica, bawang dan rempah-rempah lain yang masih banyak lagi kegunaannya.

Merica, kunyit, dan bawang kalau dijadikan menjadi satu bukannya dibuat bumbu goreng ikan ya?
Iya, memang bisa dibuat goreng ikan, tapi beda lagi racikan dan cara pengolahannya, kalau buat bumbu masakan harus ditambah micin+garam lalu di ulek agar rasanya semakin gurih dan enak. Nah, itu baru menjadi bumbu masakan. Kalau herbal beda lagi cara membuatnya. Caranya bisa dengan di parut, dan bisa juga dengan langsung di godok beberapa menit.

Jadi seperti itu yang disebut sebagai herba atau bisa kita sebut ’herbal alami’
Bisa dibuat bumbu masak, dan juga bisa dibuat obat-obatan tradisional tanpa mengonsumsi obat dari dokter.

Jadi, kita bisa membuat obat sendiri tanpa membeli obat dari dokter. Yang tentunya tidak beresiko tinggi untuk mengonsumsi herbal.
Kebanyakan juga dari banyak mengonsumsi obat bebas mengakibatkan resiko pada pengguna obat tersebut.

Kiranya sampai di sini dahulu tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan sang pembaca.

 Tulisan selanjutnya akan menbahas tentang tumbuhan, buah-buahan, dan rempah-rempah pilihan yang bisa dijadikan obat dan juga menuliskan cara mengonsumsi agar bisa menjadi obat herbal yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Sekian dulu dariku.

_Jember 2 Maret 2020_

Komentar

Postingan Populer